Berita Agroteknologi FPPB Universitas Bangka Belitung :: Indonesia

MERAWANG, UBB -- Beragam faktor mendorong lulusan SLTA memilih fakultas atau program studi (prodi) tertentu. Siapapun boleh mengira berdasarkan fakta, pengalaman, atau pendekatan apa saja. Tapi yang pasti, empunya badan atau lulusan SLTA itu sendirilah yang tahu persis mengapa ia memutuskan memilih prodi tertentu. Peristiwa semacam ini terjadi ketika sesi pengenalan 69 mahasiswa baru (maba) Prodi Agribisnis di Ruang Agri 1 Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi (FP2B) UBB, Balunijuk, Merawang, Kamis (24/08/2017) ..
[-Read More-]
Dikirim oleh Eddy Jajang Jaya Atmaja
Tanggal 2017-08-25
Jam 11:04:57



MERAWANG, UBB -- Persaingan antarlulusan SLTA untuk diterima sebagai mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) tergolong ketat. Namun di antara 19 program studi (prodi) yang ada di UBB, ternyata persaingan terketat terjadi pada calon mahasiswa Prodi Agribisnis dan Biologi. Keketatan Prodi Agribisnis dan Biologi itu satu banding 9. Artinya, dari sembilan orang lulusan SLTA yang melamar menjadi mahasiswa di ke dua prodi ini, hanya satu orang saja yang diterima sebagai mahasiswa Agribisnis dan ..
[-Read More-]
Dikirim oleh Eddy Jajang Jaya Atmaja
Tanggal 2017-08-24
Jam 15:34:22



MINUMAN RESMI -- Wakil Rektor II UBB Prof Dr Ir Agus Hartoko MSc (kiri) memberikan minuman Jeruk Kunci kemasan kepada Johan Murod, salah seorang tamu upacara HUT ke 72 RI di Kampus Terpadu UBB, Merawang. Mulai Kamis, 17 Agustus 2017, minuman Jeruk Kunci yang produksi Agribisnis UBB ini menjadi minuman resmi UBB. MERAWANG, UBB -- Bertepatan dengan Ultah ke 72 Kemerdekaan RI, Kamis pagi, Universitas Bangka Belitung (UBB) meluncurkan minuman Jeruk Kunci ..
[-Read More-]
Dikirim oleh Eddy Jajang Jaya Atmaja
Tanggal 2017-08-18
Jam 12:54:27



MERAWANG, UBB -- Setelah selama 23 tahun -- sejak tahun 1994 -- gelar insinyur (Ir) tidak lagi diberikan kepada sarjana teknik dan pertanian, kini gencar berkembang wacana bahwa gelar 'bergengsi itu' akan kembali disematkan kepada alumni fakultas teknik dan pertanian. "Rancangan undang-undangnya sudah ada. Hanya saja untuk mendapatkan gelar insinyur itu, setiap alumni fakultas teknik dan pertanian yang telah mengikuti pendidikan stratum satu selama 4,5 tahun, harus kembali mengikuti pendidikan atau kuliah ..
[-Read More-]
Dikirim oleh Eddy Jajang Jaya Atmaja
Tanggal 2017-08-10
Jam 12:06:11



MERAWANG, UBB -- Usia boleh muda, tapi soal meraih prestasi jangan disepelekan. Boleh jadi ungkapan ini cocok untuk disematkan kepada 44 mahasiswa semester 2 Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi (FP2B) UBB. Apa pasal? Nah, meski tercatat baru setahun lebih diterima dan duduk di bangku perguruan tinggi, mereka ternyata sudah mampu membikin delapan buku teks. Tak sembarangan, buku teks itu tentang jurnalisme media cetak dan televisi. "Buku 'gres' itu terhasil dari ..
[-Read More-]
Dikirim oleh Eddy Jajang Jaya Atmaja
Tanggal 2017-08-10
Jam 12:04:13



MERAWANG, UBB -- Mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) kembali mengharumkan nama Almamater, melalui lomba Pare Cinta Tanah Air (PCTA) Se-Bangka Belitung (Babel) yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Babel selama 3 (tiga) hari, tanggal 25 hingga 27 Juli 2017 di Hotel Aksi, Pangkalpinang. Lomba Diskusi PCTA Tahun 2017 yang bertemakan "Dengan Semangat Bela Negara Generasi Muda Mampu Mengatasi Pengaruh Radikalisme, Terorisme, dan Pengaruh Negatif Media, serta Bahaya Narkoba", yang diikuti peserta ..
[-Read More-]
Dikirim oleh Eddy Jajang Jaya Atmaja
Tanggal 2017-08-10
Jam 12:01:56



TUKAKSADAI, UBB -- Desa Tukak Sadai buat kejutan. Seharian penuh, Minggu (23/07/2017), desa di tepi bibir pantai ini menggelar festival bakar ikan. Tak tanggung-tanggung, untuk menarik ribuan wisatawan, panitia festival menyediakan satu ton ikan Selangas untuk panggang. "Ikan itu mulai dikumpulkan Kamis malam. Panitia membeli ikan Selangas dari nelayan yang melaut di seputar pantai Desa Tukak Sadai!," ujar Okto Supratman, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN UBB Angkatan ke 12 Desa Tukak Sadai, ..
[-Read More-]
Dikirim oleh Eddy Jajang Jaya Atmaja
Tanggal 2017-08-10
Jam 12:00:06



TOBOALI, UBB -- Rektor Universitas Bangka Belitung (UBB) Muh Yusuf minta kepada 82 mahasiswa KKN UBB Angkatan ke 12 di Bangka Selatan (Basel) untuk gencar mensosialisasi dan memotivasi betapa pentingnya mengonsumsi ikan kepada masyarakat di seputar lokasi KKN. Pasalnya, di dalam ikan itu, menurut Muh Yusuf yang adalah pakar perikanan dan kelautan ini, terkandung banyak gizi yang akan membuat warga pengkonsumsinya menjadi cerdas. Efek selanjutnya akan melahirkan generasi baru berkualitas dan pemimpin ..
[-Read More-]
Dikirim oleh Eddy Jajang Jaya Atmaja
Tanggal 2017-08-10
Jam 11:57:00



MERAWANG, UBB -- Pemerhati sejarah yang sekaligus penulis buku Bangka Drs Ahmad Elvian mencetak prestasi mencengangkan. Seratus lebih perpustakaan di Asia, Eropah dan Amerika, telah mengoleksi lebih dari 20 buku karya pria kelahiran Pangkalpinang ini. "Daftar perpustakaan di manca negara yang mengoleksi buku saya itu telah tercatat pada Wold Cat, suatu katalog koleksi perpustakaan yang beranggotakan 72 ribu perpustakaan di 170 negara. Satu di antaranya adalah perpustakaan Cornell University di Amerika dan ..
[-Read More-]
Dikirim oleh Eddy Jajang Jaya Atmaja
Tanggal 2017-08-10
Jam 11:55:08



MERAWANG, UBB -- Memeriahkan Dies Natalis ke 11 Universitas Bangka Belitung (UBB), mahasiswa Program Agribisnis Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi (FP2B) menggelar stand yang menjual produk pangan buatan mahasiwa Agribisnis sendiri. Stand berlokasi di arena UBB Expo, di arena parkir Fakultas Teknik UBB, itu ramai dikunjungi pembeli. Mereka umumnya berminat membeli kericu, getas, naget kecu, teh daun jambu dan permen nanas. Selain harganya murah, rata-rata di bawah Rp 10.000 per kemasan, kemasan ..
[-Read More-]
Dikirim oleh Eddy Jajang Jaya Atmaja
Tanggal 2017-08-10
Jam 11:52:36



"Silakan, silakan...Silakan pilih. Mau yang ini, atau yang itu? Oh... haus ya? Ini ada teh baru, bikin kami sendiri. Namanya teh guajava. Rase e nyamen... Silakan, silakan mencobanya!" Ujaran-ujaran itu begitu cetar, lantas menyeruak di antara dengungan suara dari banyak orang yang memadati stand Program Studi (Prodi) Agribisnis, Universitas Bangka Belitung, Kamis (13/04/2017) siang. Panas terik, membakar kulit, mendorong kerumunan mahasiswa yang menengok hamparan stand UBB Expo 'lari' ke stand yang menjaja air ..
[-Read More-]
Dikirim oleh Eddy Jajang Jaya Atmaja
Tanggal 2017-08-10
Jam 11:50:19



MERAWANG, UBB -- Peluang spekulan pupuk untuk mendapatkan marjin begitu besar dari selisih harga di tingkat penyalur ke petani, kini tertutup rapat-rapat. Menyusul pemerintah telah menetapkan harga pupuk subsidi separuh dari harga komersial, yang dapat diperoleh petani bila telah membuat Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK). "Benar, dan bahkan ketika membawa pupuk subsidi dari penyalur ke gudang petani, di lini empat, dikawal oleh Bapak-bapak dari TNI!," ujar Ir Toni HA Batubara SE MT, ..
[-Read More-]
Dikirim oleh Eddy Jajang Jaya Atmaja
Tanggal 2017-08-10
Jam 11:47:21



MERAWANG, UBB - Meski belum dilantik, program pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih, disektor pertanian "bocor". Lima tahun ke muka (2017-2022), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dipimpin H Erzaldi Rosman Djohan selaku gubernur dan wakil gubenur Abdul Fatah akan totalitas menggarap tiga es (s). "Tiga es dimaksud adalah sawah (persawahan yang memproduksi padi), sahang (perkebunan lada) dan sapi (peternakan). Tiga es menjadi prioritas. Selain untuk mewujudkan ketahanan pangan di daerah ini, juga ..
[-Read More-]
Dikirim oleh Eddy Jajang Jaya Atmaja
Tanggal 2017-08-10
Jam 11:43:47



PANGKALPINANG, UBB -- Kompetisi dalam merebut khalayak (audience) di pasar media massa Bangka Belitung (Babel) kian sengit, menyusul maraknya muncul sejumlah media cetak (print media), radio siaran, televisi dan media online yang berkantor di wilayah ini. Khusus media cetak (print media), aktif beroperasi delapan media. Yaitu Bangka Pos, Pos Belitung, Koran Babel News (BN), Babel Pos, Radar Bangka, Rakyat Pos, Belitung Ekspres dan Laskar Pelangi. Sedangkan media online, setidaknya ada sembilan. Yakni bangkapos.com. ..
[-Read More-]
Dikirim oleh Eddy Jajang Jaya Atmaja
Tanggal 2017-08-08
Jam 16:42:42



PANGKALPINANG, UBB -- Dua puluh dua mahasiswa dari Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Perikanan dan Biologi (FP2B) Universitas Bangka Belitung, Kamis (30/03/2017) pagi hingga siang 'bertandang' ke Redaksi Harian Pagi Bangka Pos. Mengenakan jaket almamater UBB warna biru, ke 22 mahasiswa itu datang ke Bangka Pos untuk melaksanakan kuliah praktik lapangan untuk memperkaya materi mata kuliah Komunikasi yang telah diberikan dosen pengampunya: Eddy Jajang J Atmaja. Didampingi Eddy Jajang JA, ke 22 mahasiswa ..
[-Read More-]
Dikirim oleh Eddy Jajang Jaya Atmaja
Tanggal 2017-08-08
Jam 16:39:39



AIRITAM, UBB -- Lembaga Penyiaran Publik Stasiun TVRI Bangka Belitung ternyata stasiun televisi yang punya pamor di kelasnya (kelas C). Meski terkategori baru beroperasi -- dua tahun lima bulan --, stasiun yang resmi 'mengudara' bertepatan pda HUT ke 14 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung itu kualitas siarannya di atas Stasiun TVRI Sulawesi Barat, NTB dan Gorontalo. "Kami bahkan sudah siap bersiaran dari monolog ke era digital!," ujar M Ali Tuahuns, Kepala Seksi TVRI Stasiun ..
[-Read More-]
Dikirim oleh Eddy Jajang Jaya Atmaja
Tanggal 2017-08-08
Jam 16:34:58



PANGKALPINANG, UBB -- Sebanyak 26 mahasiswa Program Studi Agribisnis Universitas Bangka Belitung (UBB), Senin (27/03/2017), mendadak jadi 'penyiar' dan 'kontributor' stasiun televisi. Profesi baru dadakan ini diperoleh mereka setelah mendapat kuliah gratis dan praktik tentang pertelevisian yang diberikan tiga pejabat teknis TVRI Stasiun Bangka Belitung. Mereka adalah Kepala Seksi (Kasi) Berita Emerzon, Kasi Teknik M Ali Tuahuns dan Kasi Program dan Pengembangan Usaha Marjoni. "Kami selalu dengan suka cita menerima dan menularkan ilmu dan ..
[-Read More-]
Dikirim oleh Eddy Jajang Jaya Atmaja
Tanggal 2017-08-08
Jam 16:31:09



TERKESIMA -- Anggota Komisi B DPRD Riau, Selasa (20/12/2016) pagi mengunjungi kebun lada Universitas Bangka Belitung (UBB), terkagum-kagum ketika menyaksikan varietas lada unggul lokal, Taijap dan Saijab, yang dikembangkan UBB di lahan seluas satu hektar, meski baru berumur empat bulan namun tumbuh sehat dan berbuah lebat. MERAWANG, UBB -- Sebanyak 15 anggota Komisi B DPRD Riau, Selasa (20/12/2016) pagi mengunjungi kebun lada Universitas Bangka Belitung (UBB). Mereka terkagum-kagum ketika menyaksikan varietas lada ..
[-Read More-]
Dikirim oleh Eddy Jajang Jaya Atmaja
Tanggal 2017-08-08
Jam 14:25:00



STUDI LAPANGAN - Saat studi lapangan ke Bangka, 65 mahasiswa Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya (Unsri) bersilaturahmi dengan mahasiswa Jurusan Agribisnis FP2B UBB. Kunjungan ini juga sekaligus memetakan sejumlah bentuk kongkret kerjasama antar kedua institusi ini, seperti KKN bersama, saling bertukar lokasi penelitian dan mengambil mata kuliah tertentu selama satu semester, baik di UBB maupun di Unsri. MERAWANG, UBB -- Menindaklanjuti nota kesepahaman (MoU) antara Universitas Bangka Belitung (UBB) dengan ..
[-Read More-]
Dikirim oleh Eddy Jajang Jaya Atmaja
Tanggal 2017-08-08
Jam 14:19:48



MERAWANG (UBB) --- Universitas Bangka Belitung (UBB) menanam 1.500 batang lada (Piper Nigrum L) unggul asal Bangka di kebun percontohan universitas ini seluas 1 hektar. Lada dengan produksi 4 hingga 5 kilogram per batang itu, nantinya akan disebarkan ke masyarakat luas sebagai bentuk nyata peran UBB 'menyalakan' kembali ekonomi yang meredup di era pasca timah. "Penanaman 1.500 batang tiga varietas lada ini merupakan salah satu aksi nyata UBB untuk mencari terobosan mengatasi ..
[-Read More-]
Dikirim oleh Eddy Jajang Jaya Atmaja
Tanggal 2017-08-08
Jam 10:59:29


previous - 1 - next
 
 
       
   

Kembali ke Homepage Website Program Studi Agribisnis FPPB Universitas Bangka Belitung Homepage Agribisnis
Masuk Halaman Artikel Agribisnis
Masuk Halaman Berita Agribisnis